Berlangganan Artikel !!!

Arus Listrik dan Muatan Listrik

Arus Listrik

Arus Listrik adalah elektron yang  bergerak, lepas dan bebas dari pengaruh inti atom, Ini bisa dibayangkan pada pergerakan air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah.

Arus listrik (I) adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik yang mengalir melalui konduktor atau penghantar listrik lainnya. Sehingga dapat dirumuskan menjadi :
Arus Listrik

Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran bermuatan muatan positif, sebenarnya kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang  sebaliknya. Satuan SI untuk arus listrik adalah ampere (A). Arus listrik dapat diukur gengan menggunakan galvanometer.

Muatan listrik

Muatan listrik, Q, adalah pengukuran muatan dasar yang dimiliki suatu benda. Satuan Q adalah coulomb,  yang merupakan 6.24 x 1018 muatan dasar. Q adalah sifat dasar yang dimiliki oleh materi baik itu berupa  proton (muatan positif) maupun elektron (muatan negatif). Muatan listrik total suatu atom atau materi ini bisa positif, jika atomnya kekurangan elektron. Sementara atom yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif  Besarnya muatan tergantung dari kelebihan atau kekurangan elektron ini, oleh karena itu muatan materi/atom
merupakan kelipatan dari satuan Q dasar. Dalam atom yang netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya (membentuk muatan total yang netral atau tak bermuatan).  Muatan listrik   dapat diukur secara langsung menggunakan elektrometer.

Apa yang dimaksud dengan "listrik statis" bukanlah aliran elektron sama sekali. Ini lebih tepat disebut  sebagai sebuah "muatan statik", mengacu pada sebuah benda yang memiliki lebih banyak atau lebih sedikit  elektron daripada yang dibutuhkan untuk mengimbangi muatan positif sang inti. Jika terdapat kelebihan  elektron, maka benda tadi dikatakan sebagai "bermuatan negatif". Jika terdapat kekurangan elektron  dibanding proton, benda tersebut dikatakan "bermuatan positif". Jika jumlah elektron dan proton adalah  sama, benda tersebut dikatakan "netral".

Kirim Artikel ini ke Teman, Via :

Reactions:

Artikel Terkait :

DIEN-ELCOM - All Rights Reserved - Diberdayakan oleh Blogger