Berlangganan Artikel !!!

Pengertian Resistor atau Hambatan Dalam Bidang Elektronika

Hambatan (Resistor)

Hambatan adalah komponen elektronika yang bayak dan selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika karena Resistor atau Hambatan dapat berfungsi sebagai pengatur arus listrik. Hambatan  disingkat dengan huruf "R" (huruf R besar).

Satuan Hambatan adalah Ohm, yang menemukan adalah George Simon Ohm (1787-1854), seorang ahli fisika bangsa Jerman. Hambatan listrik dapat didistribusikan sesuai dengan kebutuhan. Tentunya anda  bertanya-tanya, apa itu Hambatan ?, seperti apa bentuknya ?, bagaimna cara kerjanya ?, untuk lebih  jelasnya perhatikan uraian dibawah ini :

Macam-macam bentuk Hambatan

Perhatikan gambar diatas, nah itu adalah salah satu bentuk dari Hambatan / Resistor, apa ada yang lain.?, masih  banyak bentuk dan jenis dari Hambatan / Resistor, coba saja anda buka salah satu alat elektronika yang sudah rusak dan tidak terpakai, misalnya charger Handphone anda atau radio saku anda. disitu anda akan lihat banyak sekali Hambatan bertebaran. dari yang berbentuk bulat panjang seperti gambar 4, persegi empat, seperti  tapal kuda, atau tombol pengatur suara yang ada di radio tape, itu juga Hambatan / Resistor bahkan ada yang  berbentuk seperti beras.
Gelang/cincin Hambatan/Resistor

Perhatikan gambar diatas, sebuah Hambatan / Resistor mempunyai jumlah cincin . gelang warna sebanyak 5 diantaranya yaitu cincin pertama, cincin kedua, cincin ketiga (multiflier), cincin keempat (toleransi), dan cincin kelima (kualitas). Nah sekarang mari kita mencoba membaca nilai suatu Hambatan. Pada gambar diatas kita dapatkan bahwa gelang Hambatan / Resistor berwarna biru, merah, merah, emas dan merah.

Untuk membaca kode warna Hambatan / Resistor seperti gambar diatas, kita mulai menerjemahkan satu persatu kode tersebut. Untuk dapat menentukan nilai warna yang terdapat pada tubuh Hambatan / Resistor dapat dilakukan dengan mengamati tabel berikut :
Tabel Delang Warna Resistor/Hambatan

Warna pertama biru berarti angka 6, warna kedua warna merah, berarti angka 2, warna ketiga warna merah berarti multiflier, perkalian dengan 10 pangkat 2. kalau diterjemahkan :  62X10 2 = 62 X 100 =6200.  Berarti 1200 Ohm. dengan nilai toleransi sebesar 10 %. Akurasi dari Hambatan tersebut berarti 6200 X ( 10 : 100 ) 6200 X ( 1 : 10 ) 620. Nilai sebenarnya dari Hambatan tersebut adalah maximum 6200 + 620 = 6820 Ohm, sedangkan nilai minimumnya adalah 6200 -620 = 5580 Ohm. Karakteristik dari bahan baku .

Bersambung ke Hambatan / Resistor hubungan seri dan Hambatan / Resistor hubungan Paralel

Kirim Artikel ini ke Teman, Via :

Reactions:

Artikel Terkait :

DIEN-ELCOM - All Rights Reserved - Diberdayakan oleh Blogger