Berlangganan Artikel !!!

Mengenal Komponen Aktif - part 2

Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal berberapa Komponen Aktif Elektronika, diantaranya Transistor, Thyristor, Triac (Trioda AC Switch), saat ini kita lanjutkan dengan komponen aktif yang lain, diantarnaya : Tranducer, Dioda, IC (integrated circuit) dan Tabung Vacum.

Komponen aktif adalah komponen-komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya memerlukan sumber arus listrik atau sumber tegangan tersendiri.

Tranducer

Tranducer
adalah pengoperasian kerja suatu rangkaian yang lebih mudah diukur atau dikendalikan oleh besaran listrik, yaitu tegangan dan arus dimana terjadi perubahan dari suatu besaran ke besaran lainnya. Atau dengan kata lain Transducer adalah sebuah alat yang bila digerakkan oleh energi di dalam sebuah sitem transmisi, menyalurkan energi dalam bentuk yang sama atau dalam bentuk yang berlainan ke sistem transmisi kedua”. Transmisi kedua ini bisa listrik, mekanik, kimia, optik (radiasi) atau termal (panas).

Transduser ini memberikan sebuah sinyal keluaran bila dirangsang oleh sebuah masukan yang bukan mekanis; sebuah transmistor bereaksi terhadap variasi temperatur; sebuah fotosel bereaksi terhadap perubahan intensitas cahaya; sebuah berkas elektron terhadap efek-efek magnetik, dan lain-lain. Namun dalam semua hal, keluaran elektris yang diukur menurut metode standar memberikan besarnya besaran masukan dalam bentuk ukuran elektris analog.

Contoh yang umum adalah pengeras suara (speaker). Speaker mengubah beragam voltase listrik yang berupa musik atau pidato, menjadi vibrasi mekanis (mengubah arus listrik menjadi arus mikanik). Contoh lain adalah mikrofon, yang mengubah suara kita, bunyi, atau energi akustik menjadi sinyal atau energi listrik.

Potensiometer (Perubahan nilai tahanan karena posisi kontak bergeser), LDR (Light Dependent Resistance)  yaitu resistor yang dapat berubah-ubah nilai resistansinya jika permukaannya terkena cahaya. Kondisinya ialah jika terkena cahaya nilai resistansinya kecil,sedangkan jika tidak terkena cahaya (kondisi gelap) maka nilai resistansinya besar. kedua komponen tersebut juga termasuk dalam transduser tapi Tranducer Pasif.

Yang termasuk Tranducer Aktif contohnya adalah : foto dioda, foto transistor dan lainnya. komponen ini akan berubah bila ada energi listrik.


Speaker


Microphone


Dioda

Dioda adalah komponen aktif semikonduktor yang terdiri dari persambungan (junction) P-N. Sifat dioda yaitu dapat menghantarkan arus pada tegangan maju dan menghambat arus pada tegangan balik. Dioda berasal dari pendekatan kata dua elektroda yaitu anoda dan katoda. Dioda ini hanya melewatkan arus searah listrik saja (forward), sehingga banyak digunakan sebagai komponen penyearah arus.

Dalam kehidupan sehari-hari komponen dioda kita asumsikan sebagai sebuah katup (penutup air), dimana katup tersebut akan terbuka manakala air yang mengalir dari belakang dan katup air akan tertutup jika dorongan aliran air dari depan katup.


Berdasarkan Fungsinya, dioda dibagi menjadi beberapa Jenis, antara lain :
  • Dioda Penyearah (Dioda Biasa atau Dioda Bridge) yang berfungsi sebagai penyearah arus AC ke arus DC.
  • Dioda Schottky yang berfungsi sebagai Pengendali
  • Dioda LED yang berfungsi sebagai lampu Indikator ataupun lampu penerangan
  • Dioda Photo yang berfungsi sebagai sensor cahaya
  • Dioda Zener yang berfungsi sebagai pengaman rangkaian dan juga sebagai penstabil tegangan.
Untuk mengetahui simbol masing-masing jenis dioda silakan lihat : disini. Dibawah ini adalah gambar bentuk fisik dari berbagai jenis dioda :


Integrated Circuit (IC)

Integrated Circuit atau biasa disebut dengan IC adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan lain-lain. IC adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronika. lebih jelasnya tentang IC silakan lihat artikel sebelumnya tentang Pengertian Integrated Circuit (IC) Bidang Elektronika.

Bentuk Fisik Integrated Circuit (IC)


Tabung Vacum

Tabung Vacum adalah alat elektronika yang biasanya digunakan untuk menguatkan sinyal. Dahulu digunakan di banyak alat-alat elektronik tetapi kini tabung vakum hanya digunakan dalam aplikasi Tertentu. Untuk banyak tujuan, tabung vakum telah diganti oleh transistor yang murah dan jauh lebih kecil, baik sebagai alat terpisah maupun dalam sirkuit terpadu. Pada awal abad ke-21 muncul kembali kesukaan terhadap tabung vakum, kali ini dalam bentuk tabung mikro field-emitter.

Bentuk Fisik Tabung Vacum

Kirim Artikel ini ke Teman, Via :

Reactions:

Artikel Terkait :

DIEN-ELCOM - All Rights Reserved - Diberdayakan oleh Blogger